Selasa, 20 Mei 2008

Laptop Asus Eee PC Meledak di China

China - Laptop Asus Eee PC selama ini begitu dipuja dan menjadi idaman banyak orang. Namun, belum lama ini sebuah laptop Eee PC dikabarkan meledak dan terbakar di China. Disinyalir, penggunaan baterai dari pihak ketiga sebagai biang keladinya. Ledakan ini diduga dipicu oleh baterai yang overheat saat proses isi ulang.

Baterai dari pihak ketiga untuk Eec PC memang mulai marak dipasarkan di eBay. Baterai ini diklaim memiliki kapasitas 10.400 mAh, yakni dua kali kapasitas baterai Eee PC standar.

Produsen baterai tersebut adalah beberapa perusahaan di China, seperti Cameron Sino dan Mugen. Disebutkan pula bahwa baterai ini mampu bertahan dua kali lebih lama dari baterai Eee PC biasa, yakni selama 5,5 jam untuk pemakaian terus-menerus.

Dipatok pada harga USD 60-100 (sekitar Rp 552 ribu-920 ribu), baterai ini laris manis di pasaran. Sementara Asustek berencana menjual baterai aslinya 7800 mAh seharga USD 99 atau sekitar Rp 910 ribu.

Seperti dikutip detikINET dari Softpedia, Jumat (9/5/2008), pihak Asustek tentu saja menolak memperbaiki kerusakan laptop yang meledak tersebut meski masih dalam masa garansi. Alasannya, insiden tersebut disebabkan oleh pemakaian baterai yang tidak disertifikasinya.

Setali tiga uang dengan Asustek, pihak produsen baterai tersebut juga cuci tangan dengan insiden ini dan menyangkal bahwa baterainya menjadi penyebab meledaknya laptop tersebut. Mereka menegaskan bahwa produknya laku keras di pasaran, dan mungkin saja ini hanya rumor yang ditiupkan para pesaing untuk menjegalnya.


Ingin berdiskusi soal laptop? Silahkan bergabung di detikINET forum! ( faw / amz )

1 komentar:

Ratna Sari Dewi mengatakan...

wahhhhhhhhhhhh bgus jg ya !!!!!!!!!!